Bagi mereka yang berpikir bahwa
lingkungan etis kita telah menunjukkan penurunan secara keseluruhan
dibandingkan dengan apa sekali itu, pemulihan mungkin tampak ide yang tepat.
Bagi mereka yang mengambil pandangan yang lebih optimis, gagasan melestarikan
lingkungan etika - mempertahankan apa yang terpusat penting, sedangkan yang
memungkinkan untuk perubahan dalam menanggapi keadaan yang berubah - mungkin
lebih tepat. Bahkan 'melestarikan' dapat membawa terlalu banyak saran dari
kondisi statis. Pada titik ini kita telah melihat bahwa beberapa kondisi di
tempat untuk mendukung pemikiran bahwa hubungan kita terhadap lingkungan etis
kita harus satu, bukan dari penerimaan pasif, tetapi tanggung jawab aktif.
Adapun dalam mengevaluasi
etika lingkungan, ketika kita mau mengevaluasi tindakan sebagai benar atau
salah, atau keadaan baik atau buruk, atau ketika kita mengambil kualitas
seseorang untuk pujian atau fitnah, kita membuat langkah di lingkungan etis
kita, dengan menggunakan ide-ide itu yang membuat tersedia untuk kita; banyak
cara di mana kita bisa melakukan hal ini. Evaluasi lingkungan tidak dapat
dilakukan diluar lingkungan etika itu sendiri, karena jika kita bisa melangkah,
di luar itu kita tidak akan memiliki dasar untuk melakukan evaluasi sama
sekali. Jika kita dapat mengevaluasi lingkungan etika keseluruhan yang kita
tahu ada atau telah ada, maka kita dapat pada prinsipnya mengevaluasi etika lingkungan yang dapat kita bayangkan ada di masa
depan.
Ada kesemuan tertentu
dalam mengevaluasi lingkungan etika, apa yang mungkin kita ambil untuk menjadi
'lingkungan seluruh etika', karena tidak ada lingkungan etika lokal, pada
setiap tingkat ada isolasi lengkap dari apa yang ada di sekitarnya.
Haydon, Graham. 2006. Education,
Philosphy And The Ethical Environment. New York: Routledge
Tidak ada komentar:
Posting Komentar