Karakter khusus ilmu Eropa dapat dijelaskanmelalui keadaan-keadaan ketika
para ilmuwan menggarap bahan-bahan yang diwarisi selama dua fase
berturut-turut. Hal itu mencakup prinsip dasar pengenalandunia alamiah melalui argumendemonstrastif,
prinsip yang pertama kali di capai dalam kebudayaan Yunani, kemudian di pungut
oleh peradaban Islam namun bukan yang lain.Ciri-ciri khas masyarakat Eropa pada
zaman itu memungkinkannya membuat kemajuan pesat luar biasa, kendatipun masyarakat
masih sebagian besar agraris, tidak demokratis, dan terstratifikasi oleh posisi
sosial yang diwariskan.
Dalam masyarakat Eropa yang relatif berubah-ubah, setiap individu terdorong
untuk melakukan inovasi sebab dengannya mereka dapat memajukan diri sendiri.Di
akhir abad ke-16 ilmu Eropa mengungguli sumber-sumber dan saingan-saingannya,
namun hasil-hasilnya masih belum berbeda secara kualitatif dari mereka.Sampai
kemudian datanglah revolusi dalam filsafat yang mengubah bentuk ilmu Eropa
menjadi sesuatu yang unik.Penemuan paling penting ialah gaya baru aktivitas
sosial penelitian, dimana kerahasian dan kekejaman persaingan yang menjadi ciri
para penemu pribadi dikendalikan dan ditertibkan oleh tekad untuk bekerja
secara bersama-sama demi kebaikan umum.
Keberhasilan filsafat baru terbukti nyata menjelang berakhirnya abad ke-17
dan kendatipun langkah kemjuan mengendur selama abad sesudahnya, namun
prestasi-prestasi zaman sebelumnya di bidang pengetahuan dan metode tak pernah
hilang lagi.Ilmu-ilmu gabungan kimiawi dan ilmu sosial pada akhirnya dapat
membuat kemjuan-kemajuan pada abad ke-19 dengan hanya berdasarkan konsepsi
reduksionis atas dunia alamiah.
Ringkasnya ilmu Eropa berhutang budi pada keberhasilan-keberhasilan masa
lampau dan karakter khusunya yang mempunyai andil pada metafisika dan
metode-metodenya, ciri ciri dasar masyarakat Eropa adalah individualismeagresif
yang di tempa oleh suatu prinsip bekerja sama untuk kemaslahatan umum.
Referensi:
Jerome, Revertz R. 2014. Filsafat Ilmu Sejarah dan Ruang lingkup Bahasan. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar